Lifestyle

Lakukan 6 Langkah Ini Agar Terhindar dari Stres yang Membuat Hidupmu Suram

NewsPapers – Kehidupan yang kita jalani terkadang tidak semuanya dapat berjalan seperti yang kita inginkan. Banyak hal yang kemudian terjadi diluar dari perkiraan dan keinginan yang kita harapkan. Kondisi ini tentunya dapat memicu terjadinya stres yang membuat jiwa kita terguncang.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Lalu bagaimana cara menghadapi stres? berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1.Jagalah Kesehatan

Menjaga kesehatan dengan baik akan mampu mengatasi stres. Hal mudah yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kesehatan adalah dengan cara olahraga, melakukan aktivitas fisik teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

2.Berkegiatan sesuaikan dengan minat dan kemampuan

Melakukan sejumlah kegiatan sebaiknya disesuaikan dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Hal ini akan mencegah kamu terjebak dalam situasi yang berpotensi mengundang stres akibat ketidakmampuan menangani sesuatu yang terjadi dalam setiap aktivitasmu

3.Berpikir positif

Berpikirlah yang positif, hal ini tidak hanya mampu membuat kamu terhindar dari stres, namun berpikir positif juga memberikan banyak manfaat lain diantaranya dapat memperkuat imunitas tubuh.

Banyak cara dapat dilakukan untuk menumbuhkan pikiran yang positif, diantaranya adalah fokus pada hal-hal baik yang telah kamu raih dalam hidupmu, juga sesekali tertawa dengan humor-humor sehat yang bisa ditemukan dilingkunganmu.

4.Tenangkan pikiran dan kembangkan hobi

Hobi akan mengarahkan pikiran kita kepada hal yang benar-benar diminati, sehingga hobi menjadi salah satu aktifitas yang dapat meredakan stress yang mungkin timbul dari rutinitas kerja.

Beberapa hobi juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kreatifitas, kecerdasan dan percaya diri, seperti hobi bermain alat musik, bernyanyi, olahraga, menulis, dan bermain game.

5.Bicarakan dengan seseorang yang dipercaya

Jangan memendam sendiri saat kamu menghadapi suatu masalah. Bicarakan masalah yang dihadapi pada orang terdekat atau keluarga. Sebab dengan berbagi, bisa mendapat solusi serta serta tidak merasa sendiri. Menceritakan masalah pada seseorang juga dapat memberi rasa nyaman dan perasaan lega.

6.Meningkatkan ibadah

Meningkatkan ibadah dengan mendekatkan diri pada sang pencipta akan memberikan ketenangan dalam jiwa. Setiap orang yang memiliki iman selalu meyakini bahwa setiap permasalahan ada solusinya.

Allah tidak hanya memberikan cobaan sesuai dengan kapasitas masing-masing orang. Ibadah akan membuat kita semakin kuat dalam menjalani setiap permasalahan dalam kehidupan.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button