Travel

Museum Penyimpan Peristiwa Bersejarah di Sekitar Malioboro Yogyakarta

Museum penyimpan peristiwa bersejarah dapat ditemukan di sejumlah lokasi di Kota Yogyakarta, mlai dari sejarah di era kerajaan hingga sejarah mengenai perjuangan bangsa.

NewsPapersID – Wawan

Yogyakarta – Museum penyimpan peristiwa bersejarah dapat ditemukan di sejumlah lokasi di Kota Yogyakarta, mulai dari sejarah di era kerajaan hingga sejarah mengenai perjuangan bangsa.

Selama ini Yogyakarta dikenal dengan sejarah dan budayanya. Tak jarang wisatawan sengaja berkunjung ke kota ini karena kedua hal itu. Meski banyak pula wisatawan yang hanya mengenal area Malioboro dan kawasan Keraton Yogyakarta.

Sebenarnya, dengan berkunjung ke kawasan Malioboro atau Titik Nol Kilometer Yogyakarta atau kawasan keraton, wisatawan juga bisa mengunjungi museum yang ada di sekitar tempat itu.

Berikut tiga museum yang terletak tidak jauh dari kawasan Malioboro dan keraton:

1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo terletak tepat di sebelah barat titik nol kilometer, atau di selatan Istana Kepresidenan, tepatnya di Jalan Pangurakan (Trikora) 6 Yogyakarta.

Museum ini mengoleksi benda peninggalan warisan budaya, meliputi koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, historika, numismatik, filologi, keramologi, seni rupa, teknologi, dan beragam senjata tradisional.

Pihak pengelola juga menerapkan teknologi virtual di salah satu etalase yang menyimpan koleksi keris. Keris di dalam etalase akan terlihat menyala saat pengunjung menyentuh kaca etalase tepat di depan masing-masing keris.

1 2 3 4Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button