Kesehatan

Memahami Gejala Stroke dan Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan pada Penderita

Penyakit stroke bisa terjadi kapan saja,di mana saja.  Jika tidak segera mendapatkan penanganan tepat, stroke dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

NewsPapers – Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak. Definisi menurut WHO, Stroke adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular.

Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Akibatnya sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel/jaringan.

Penyakit stroke bisa terjadi kapan saja,di mana saja.  Jika tidak segera mendapatkan penanganan tepat, stroke dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

Dalam dunia medis gejala stroke dikenal dengan istilah FAST, yaitu: Face (Wajah): Salah satu sisi mulut atau wajah terlihat turun sebelah atau tidak simetris. Arms (Lengan): Salah satu lengan mati rasa atau lemah.

Atau jika kedua tangan diangkat, salah satu tangan terlihat lebih turun dari lengan satunya. Speech (Bicara): Sulit berbicara atau tidak berbicara tidak jelas atau bahkan tidak dapat berbicara. Time (Waktu): Segera cari pertolongan medis.

Penting untuk diketahui bagaimana melakukan pertolongan pertama pada gejala stroke Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama pada gejala stroke, dikutip dari laman resmi Siloam Hospital:

Perhatikan gejala dan kondisi penderita stroke

Pastikan lebih dulu gejala apa yang muncul berdasarkan FAST. Selain itu, Anda juga perlu waspada terhadap kondisi lain seperti tiba-tiba pusing, tiba-tiba tidak bisa melihat, atau sakit kepala yang sangat hebat.

Umumnya, stroke menyebabkan penderita kehilangan keseimbangan diri dan jatuh. Lihat apakah orang tersebut dalam kondisi sadar atau tidak, apakah saat jatuh mengalami benturan di kepala atau tidak.

Sebagian masyarakat juga memiliki pemahaman yang salah seperti stroke dapat disembuhkan dengan dipijat, mengeluarkan darah dari telinga penderita, atau menusukkan jarum ke bagian tubuh yang mengalami stroke. Jangan lakukan hal ini karena stroke harus ditangani oleh tenaga medis profesional di rumah sakit.

Periksa pernafasan penderita

Cek dan coba atur pernapasan dengan baik. Jika penderita merasa kesulitan bernapas, berikan ruang di sekitarnya dan longgarkan pakaian yang terlalu ketat. Minta penderita untuk mengambil napas dalam-dalam dan membuang perlahan untuk mengatur agar pernapasan dapat kembali normal.

Perbaiki posisi penderita stroke

Pertolongan pertama pada gejala stroke selanjutnya adalah memperbaiki posisi penderita. Jika memungkinkan, ubah posisi penderita menjadi berbaring atau ubah posisi dengan membaringkan satu sisi tubuh dengan bagian kepala sedikit diangkat agar penderita merasa lebih nyaman.

Terkadang ketika stroke menyerang, seseorang akan merasa mual dan ingin muntah sehingga posisi kepala harus sedikit diangkat agar memudahkan saat ingin muntah dan mencegah dari tersedak.

Segera evakuasi penderita ke rumah sakit

Sebagai bagian dari pertolongan pertama pada gejala stroke adalah segera membawa penderita ke rumah sakit. Sebelumnya, Anda dapat menghubungi Siloam Ambulance Call Center 1-500-911 untuk keadaan darurat stroke. Tetaplah tenang sambil menunggu ambulans datang sambil memantau kondisi penderita.

Sebagai penyakit yang serius dan membutuhkan penanganan cepat dan tepat, stroke memiliki beberapa faktor risiko yang dapat memicu kemunculannya, antara lain gaya hidup (obesitas, kurang aktivitas fisik, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan konsumsi makanan tidak bergizi), kondisi medis tertentu (tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan diabetes), serta faktor lain seperti usia dan jenis kelamin.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button