Sport

Fakta Unik Koin Rupiah Bergambar Macan Jawa dan Garuda yang Digunakan Wasit di Final Piala Dunia 1974

Siapa sangka, Indonesia ikut "hadir" dalam momen bersejarah pada laga Final Piala Dunia 1974 yang mempertemukan Jerman Barat melawan Belanda di Stadion Olimpiade Munchen Jerman pada 7 Juli 1974.

NewsPapers – Siapa sangka, Indonesia ikut “hadir” dalam momen bersejarah pada laga Final Piala Dunia 1974 yang mempertemukan Jerman Barat melawan Belanda di Stadion Olimpiade Munchen Jerman pada 7 Juli 1974.

Kehadiran Indonesia dalam perhelatan sepak bola bergengsi sejagad raya tersebut dalam bentuk uang koin pecahan Rp.2000 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Ketika itu wasit Jack Taylor asal Inggris yang memimpin partai final tersebut menggunakan koin Indonesia pecahan Rp2.000 saat mengundi kesebelasan yang memperoleh bola pada awal pertandingan. 

“Jack Taylor memilih koin ini karena memiliki gambar menarik di kedua sisinya dan beratnya yang pas. Koin seberat 25,31 gram yang dikeluarkan pada 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu gambar Macan Jawa di bagian depan dan gambar Garuda dengan teks Bank Indonesia di bagian belakang.” tulis Bank Indonesia dalam laman resminya. 

1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button