Hukum dan Kriminal

TNI Angkatan Laut Tangkap Komplotan Pencuri Spesialis Kapal Tongkang di Perairan Tanjung Balai Karimun

Tim First Fleet Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun berhasil menggagalkan aksi pencurian di laut (Sea theft) di sekitar perairan Tanjung Balai Karimun, Minggu (31/3/2024).

Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau – Tim First Fleet Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun berhasil menggagalkan aksi pencurian di laut (Sea theft) di sekitar perairan Tanjung Balai Karimun, Minggu (31/3/2024).

Dilansir dari keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut, Tim TNI Angkatan Laut dalam operasi tersebut menangkap empat orang pelaku beserta sejumlah barang bukti.

“Kejadian bermula dari informasi adanya rencana kepulangan sekelompok Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Malaysia yang melewati perairan Karimun Anak, yang berhasil dideteksi tim F1QR.” tulis Dispen TNI AL dalam keterangannya.

Setelah dilakukan pengintaian selama beberapa jam, kapal yang diduga digunakan untuk melakukan pencurian di laut muncul dan langsung dilakukan pengejaran dan pemeriksaan terhadap Tekong kapal Pompong dan muatan kapal tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengatakan bahwa komplotannya telah melakukan aksi pencurian Tongkang pada Tugboat Sumber VII.

“Adapun barang bukti yang ditemukan yakni tali tros kabel, dampra, riding-buoy. Selain itu, ditemukan pula beberapa alat bukti lainnya yg diduga digunakan sebagai sarana untuk mencuri berupa gergaji besi, golok dan palu.” jelasnya.¬†

1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button