HeadlinePolitik

Terhambat Masalah Distribusi Logistik dan Konflik Sosial, 1.297 TPS di Papua Belum Mencoblos

Polda Papua mencatat sebanyak 1.297 TPS di wilayah Papua belum melaksanakan pencoblosan akibat masalah distribusi logistik dan konflik sosial.

Jayapura, Papua – Polda Papua terus memantau situasi keamanan terkini dari proses pemilu serentak 2024 di wilayah Provinsi Papua.

Dilansir dari keterangan Humas Polda Papua, polisi mencatat sebanyak 1.297 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Papua belum melaksanakan pencoblosan.

Hal ini disebabkan selain persoalan distribusi logistik, juga terjadi polemik dan konflik sosial pada pelaksanaan sistem noken membuat pencoblosan juga tertunda di sejumlah daerah.

“Sistem noken ini kental dengan kerawanan (konflik sosial). Seperti di Puncak Jaya, ada tarik ulur perebutan suara massa sehingga (pencoblosan) tidak bisa dilaksanakan,” kata Kapolda Papua Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, dikutip dari keterangan Humas Polda Papua, Kamis (15/2/2024).

” Pencoblosan telah dilakukan di 13.916 dari total 15.213 TPS di wilayah Papua. Kendala pelaksanaan banyak terjadi di wilayah Papua Tengah dan Papua Pegunungan yang menggunakan sistem noken. Ada sebanyak 1.172 TPS di Papua Tengah dan 91 TPS di Papua Pegunungan yang belum melaksanakan pemilu.” lanjut Kapolda.

1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button