HeadlinePolitik

Pengawasan Dana Kampanye Pemilu 2024, Aspek Berikut Ini Menjadi Fokus Bawaslu RI

Penggunaan dana kampanye pemilu menjadi salah satu fokus utama pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Hal itu diatur dalam Pasal 93 huruf D butir 5 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Jakarta – Penggunaan dana kampanye pemilu menjadi salah satu fokus utama pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Hal itu diatur dalam Pasal 93 huruf D butir 5 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Fokus pengawasan Bawaslu dalam dana kampanye pemilu tersebut, beberapa diantaranya adalah sumber dana kampanye yang tidak boleh melebihi batas. Selain itu dana kampanye tidak boleh bersumber dari penyumbang yang dilarang.

Selain itu juga sumber dana kampanye tersebut, harus dilaporkan penerimaan dan pengeluarannya dalam Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam kegiatan di DPP Partai Golkar di Jakarta, Senin (4/12/2023).

“Dalam UU Pemilu, tugas Bawaslu dalam hal mengawasi salah satunya adalah mengawasi pelaksanaan kampanye dan dana kampanye,” kata Rahmat Bagja.

“Sumber dananya harus jelas dicantumkan dari siapa. Jangan sampai sumber dana kampanye ditulis berasal dari ‘hamba Allah’!” lanjutnya.

1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button