Jaga Negeri

Pasukan Garuda Indonesia Taklukkan Sejumlah Negara dalam Kejuaraan Menembak SASCO 2023 di Lebanon

Lebanon – Tim petembak Satgas Batalyon Mekanis TNI XXIII-P/UNIFIL mewakili Kontingen Garuda UNIFIL berhasil mempertahankan predikat juara pada kejuaraan Small Arms Shooting Competition (SASCO) 2023 yang diselenggarakan oleh UNIFIL di Naqoura Firing Range, UNIFIL HQ, Lebanon, Jumat (27/01/2023).

Prestasi gemilang ini diraih oleh prajurit TNI setelah menyingkirkan sejumlah peserta dari seluruh negara yang menjadi bagian dari Troops Contributing Country (TCC) pada misi UNIFIL, antara lain Prancis, Spanyol, Finlandia, Italia, Irlandia, Ghana, Tanzania, Malaysia, Korea Selatan, China, India, Nepal dan Sri Lanka serta perwakilan dari Lebanese Armed Force (LAF). 

“Saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada prajurit kita karena telah mengharumkan nama bangsa melalui kejuaraan ini, dengan pencapaian ini dapat menjadikan prajurit TNI lebih dikenal di mata dunia”, ungkap Kolonel  Inf Fikri Ferdian selaku Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI XXIII-P/UNIFIL sekaligus Komandan Kontingen Garuda UNIFIL 2022.

Dikutip dari laman resmi Mabes TNI, Kejuaraan SASCO merupakan kejuaraan menembak senjata ringan tahunan yang diikuti oleh seluruh Troops Contributing Country (TCC) pada misi UNIFIL. Kompetisi yang  berlangsung selama tiga hari (tanggal 25 s.d. 27 Januari 2023) ini terbagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Dengan peraihan 1664 poin,  Kontingen Indonesia berhasil meraih peringkat pertama diikuti oleh Kontingen Korea Selatan di peringkat kedua dengan peraihan 1585 poin serta di peringkat ketiga diraih oleh Kontingen India dengan peraihan 1445 poin.

Pencapaian ini mengukuhkan Kontingen Indonesia sebagai  juara bertahan pada kejuaraan SASCO, karena pada tahun sebelumnya Kontingen Indonesia juga meraih juara mengalahkan negara – negara lain yang tergabung dalam misi UNIFIL.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button