Lifestyle

Jerawatmu Bikin Galau? Ini Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

NewsPapers – Duh, jerawat mulai muncul di wajah, barangkalai seperti itu keresahan sahabat resonansi ketika menemukan si kecil nakal ini mulai menghiasi wajah mulusmu. Pasti bikin galau, sebab Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.

Jerawat pada dasarnya adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Bagaimana mencegah si kecil nakal ini bisa bercokol di wajah mulusmu?, berikut ini beberapa tips bagaimana melakukan perawatan wajah secara alami untuk mengatasi kulit berjerawat, dilansir dari laman alodokter.com

1. Cuci muka secara rutin

Untuk menghilangkan jerawat secara alami juga cepat, disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin. Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, dan jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan berolahraga.

2. Oleskan toner ke wajah

Setelah mencuci muka, Anda bisa mengoleskan toner ke kulit wajah. Toner bisa membantu membersihkan kotoran dan sisa make-up yang masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Hal ini akan membantu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat yang Anda alami.

3. Oleskan pelembap ke wajah

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit wajah, dan salah satunya dengan mengoleskan pelembap. Kondisi wajah yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak. Hal ini akan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Untuk kulit berjerawat, pilih pelembab wahah berlabel noncomedogenic dan bebas minyak.

4. Gunakan tabir surya

Setelah mengoleskan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan juga tabir surya. Hal ini karena pada sebagian orang, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat.

Namun karena umumnya tabir surya bersifat comedogenic, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat.

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Es batu

Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

2. Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

Selain bahan alami tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan lain, seperti kentang dan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Namun pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan bersih.

Jika cara menghilangkan jerawat secara alami di atas telah dilakukan namun jerawat tetap membandel, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. ****

Sumber: alodokter.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *